en id

News

> Go to CSR
Public Service Information System Menu
News

Angkasa Pura I dan Airnav Kolaborasi Gelar Kampanye Keselamatan Penerbangan di Acara TIFF 2019

10 Aug 2019

kembali ke list


Tomohon - Sabtu (10/8), PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi berkolaborasi dengan Airnav Indonesia Cabang Manado menyelenggarakan kegiatan kampanye keselamatan penerbangan di Stadion Babepalar Tomohon. Adapun kampanye keselamatan penerbangan ini masuk dalam rangkaian event pariwisata tahunan Tomohon International Flower Festival 2019.

Sebelumnya, pada pembukaan event TIFF, Kamis (8/8), para personel yang terdiri dari duta bandara, customer services, personel Avsec dan ARFF Bandara Sam Ratulangi Manado turut mengikuti parade Tomohon Flower Carnival. Kegiatan ini selain mengenalkan kepada masyarakat tentang petugas-petugas yang bekerja di bandara, juga sebagai wujud dukungan Angkasa Pura I pada event pariwisata daerah.

“Sudah menjadi kewajiban kami selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi untuk selalu mendukung program pemerintah daerah utamanya di bidang pariwisata, mengingat bisnis pariwisata dan kebandarudaraan berkaitan erat,” ungkap Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

Safety can be fun menjadi tema dari kegiatan kampanye keselamatan penerbangan kali ini. Kegiatan utama pada kampanye ini berupa talkshow dengan narasumber yang berasal dari berbagai instansi yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Adapun narasumber pada kegiatan talkshow yang dibuka oleh Ir Harold V Lolowang, Msc selaku Sekda Kota Tomohon mewakili Walikota Tomohon yakni  Dr. Lynda D. Watania, Mm, Msi selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara; Capt. Hadi selaku perwakilan Batik Air; Minggus E.T Gandeguai selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado; Danan Suseno selaku General Manager Airnav Indonesia Cabang Manado; Hengki Poluan selaku General Manager Airnav Indonesia Cabang Halim Perdanakusuma; Denny Armanto selaku Kepala Seksi Pelayanan Dan Pengoperasian Bandar Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado; dan Capt. Jeffry Worang selaku Kepala Bidang Pengembangan Sistem Transportasi Dinas Perhubungan Sulut.

Dalam sambutannya mewakili Walikota Tomohon, Ir Harold V Lolowang, Msc selaku Sekda Kota Tomohon menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado telah mendukung kegiatan TIFF 2019 dan keikutsertaan dalam rangkaian kegiatan TIFF melalalui kampanye ini yang berlangsung dengan meriah.

“Terima kasih Angkasa Pura I telah memberikan space bagi Pemerintah Kota Tomohon untuk mempromosikan kegiatan TIFF di Bandara Sam Ratulangi Manado, hingga para penumpang dapat terinformasikan mengenai event ini,” ujar lolowang.

Senada dengan Sekda Kota Tomohon, Lynda D. Watania menyampaikan bahwa kegiatan kampanye keselamatan penerbangan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya yang masih belum mengetahui tentang hal-hal yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan.

“Pemerintah Provinsi Sulut sangat mengapresiasi dan sepenuhnya mendukung kegiatan kampanye keselamatan penerbangan yang diselenggarakan dalam rangkaian TIFF ini . Kami berharap agar kegiatan serupa dapat diselenggarakan di berbagai daerah di Sulut karena terkait keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkap Lynda.

Narasumber lainnya, Capt. Hadi menyampaikan bahwa permainan layang-layang, laser, drone, dan permainan di udara lainnya yang jika tidak sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku maka dapat membahayakan penerbangan.
"tiga gangguan yg paling sering ditemui oleh pilot yaitu laser pointer yg diarahkan ke pesawat/kokpit, layang-layang yang diterbangkan di sekitar bandara dan balon udara yang diterbangkan hingga mencapai ketinggian 30ribu feet. hal ini sangat berbahaya bagi penerbangan dan semoga melalui kegiatan seperti ini dapat semakin meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai keselamatan penerbangan," ujar Capt. Hadi

Selain talkshow, kampanye ini pun dimeriahkan dengan berbagai hiburan seperti parade duta bandara serta petugas bandara membagikan coklat bagi pengunjung acara, doorprize, flashmob, hiburan musik dari DJ dan band lokal “Bassgilano”. [Humas MDC]